Sunday, November 30, 2008

bodo' ah!!

sudah lama aku tidak mengucapkan hal ini. ucapan yang sering aku ungkapkan ketika SMA. "bodo' ah".

ada PR fisika hari ini
"bodo' ah"

kok pake sepatu biru??
"bodo'"

ntar kena razia tuh sepatunya
"tenang aja. tinggak copot aja kan??"
ckckck.... haha

tuh, jilbabnya coret2an pulpen lagi.... (geram.."
"bodo' amat"

mi, bajunya g match sama jilbab tuh. seribu dapet tiga
"hehe... masa bodo'"

kasar terdengar. tapi seru.
sering sekali aku ingin mengembalikan semangat2 ketika masih sekolah. yah.. sekarang juga masih sekolah. itulah hasil pendidikan dimana aku berkembang diantara temen-temen yang juga masa bodoh denganku. haha.. g juga kok. ada sesuatu yagn kubanggakan dengan kata-kata itu.
"tidak ada yang perlu dicemaskan"

selain kata-kata itu, juga habbit ku.
tidur bada magrib, bangun jam 10pm-2pm. to be batman alias kalong. then, lanjut di kelas. haha... zzzz.....

KENANGAN SMA
"umi! tuh dipanggil". upiex gendutz
"hah. iya ya.". wake up...
"ya tuh. si umi nih sampe g denger". Nobita alias Ratna (sory ratna)
si Ria senyum2...

aku mengucek-ucek mataku. dipanggil pak Ketut. pasti dapet bagus nilaiku. melanjutkan tidur semalam di kelas. every day on school..

aku berjalan melenggang. dan tiba-tiba telah berdiri di depan guru yang paling ku sungkani itu.

ops.. ia menatapku heran.
mengangkat alisnya.... dan, menggoyangkan bahunya.

ho!!! refleks ku lihat ke arah anak2 dengan tatapan curiga
upiex, Ratna dam Ria cekikikan

kontan saja
"maaf pak. hehe.." . langsung membalikkan badan dan malu2 kembali ke bangku dengan kecepatan berjlaan 80km/jam. wuizzz...

anak-anak cuma melihatku heran.

satu. dua. tiga. mereka tertawa. hoho.... sakit..... tapi lucu!! konyol! huff....
"puasz??!!!". teriakku!

whatever. jadi orang paling telmi, bahan guyonan.

jadi siswa paling canggih. hehe... gesit dan lincah. (waktu 8 kg lbh ringan). paling jago lari, lempar lembing, lompat jauh. juara I. hihi...

ngatukan, cuek, juga brengsek.
gengster, telatan, g disiplin, g patuh.

"wah... bos preman kita ini udah lupa". Guntoro. mantang anggota geng. haha

ssst... duh, razia... menyembunyikan kaset dan video, majalah di tong sampah
"goblok!". mau gmn lagi. paling aman.
"ngapain kalian?". ketahuan juga

setelah ketahuan....
"maaf pak. hihi... ". Nia dan aku mengahadap guru
"bapak pinjem ya.".
hphp.... gubraxs...


ckckck...

"mb, yang sekolah kan bukan sepatunya. tapi otaknya". bapak
hehe... sepatuku dah senyum2... betul juga. gapapa ya...

" yang penting jalannya masih kedepan. g ke belakang".
hehe... sepeda federalku dan berubah warna. juga selalu cerewet. "tek kotek kote.. anak ayam kotek kotek... ". hm.. alias minta di ganti slebornya.
hehe... iya juga. ah bapak...

sampai suatu hari..
"anak kaya' gini, klo g bisa dibina. ya dibinasakan!".
jegler.. gledek tiba2. g ada mendung g ada angin. didepan MPK, kepala sekolah, komite sekolah. diruang laboratorium yang tiba-tiba menjadi ruang sidang.

" g bisa itu. seenaknya sendiri naikkan biaya masuk. g masuk akal." kilahku.

HARI INI
huff... apapun itu. aku rindu masa2 laluku. ah.. mungkin begini orang tua. haha. harusnya g boleh melihat kebelaknag. kan masih muda. harus punya cita-cita.

bukan itu. tapi hanya rindu semangatku. kebebasanku yang dulu.
"frame". kata Ari Ginanjar. itu yang harus ku jebol lagi.
orang dewasa! bukan. sebenarnya hanya sok dewasa.
jadi, tidak masalahkan kembali ke masa lalu.
indahnya....

Friday, November 28, 2008

kapan pulang?

"ikhlas mb.... "
postingan terakhir belum ku tampilkan
sebagai orang yang menjadi inspirator terbesarku
bapak

rindu
selalu begitu
pada tiap doa'ku

sejuk
jiwamu yang selalu ingin kami warisi
selalu saja berseri

kapan lagi kau nasehatkan logika-logika lucumu itu
tapi seru
ku rindu

anakmu tersandung batu
di negeri mimpi
yang sangat jauh

anakmu mau pulang
tapi tak jua menemukan jalan
masih menunggumu

bapak
selalu ku rindu
di tiap do'a-do'a ku

berlari II

patungmu sudah lapuk
remuk
menjadi pupuk
krisan-krisan yang sempat ku tanam
menjadi subur

ku bilang
sendiri lagi
sepi lagi

rupanya
waktu mengizinkan untuk kembali lagi
untuk memilih lagi
dan aku tidak akan berlari

wahai jiwa-jiwa yang sejuk
ajaklah aku
tinggalkan segala warna-warni tamanku
meski rindu

seperti biasa
masih duduk
melihat badut-badut lucu
tertawa lagi

wahai jiwa-jiwa yang sejuk
ajaklah aku
untuk tinggalkan tamanku
dan ajaklah aku
untuk menghamparkan taman-taman baru lagi
warna-warni lagi
tanpa badut
tersudut
sepi lagi

apa kabar hari ini?

putih
cerah lagi
tanpa sembab lagi
sebab, ada - ada lagi

haha
aku tertawa
lucu
dan menggembirakan

tersenyum
terus ku coba
sampai kudapati matahari lagi hari ini
bermandi cahaya lagi

jangan mendung lagi
biar menungunggu malam
biar tak tampak suram
biar cuma bulan

bebas lagi
tertawa lagi
sapa kanan kiri lagi
dan kusampaikan
apa kabar hari ini??

Monday, November 24, 2008

draft

ternyata aku punya draft tersimpan..

terhitung masih 40 menitan untuk mendownload selurh dokumentasi sas. padahal ni sudah jam 19.13. nyampe jam berapa di asrama.

DULU
semoga saja itu hanya untuk dulu. namun memang tidak tahu apakah kedepan akan terus seperti itu atau tidak. hanya saja yang lalu biar berlalu. itu banyak keburukan. biar ku tinggal jauh-jauh. biar tak tampak. biar ku tak takut

ha
ha
ternyata kejadian lagi malam ini. aku harus pulang malam memang. huff.. susah ya merubah kebiasaan. masih ada makhluk di kampus ini. hoho. aku maksudnya. g juga, ada bebrapa mahasiswa yang masih bercanda ria. sambil mendengar takbir yang lembur dari mushola.. g tahu klo mereka.

mataku dah lelah melihat mencari referensi TAku. tekadku ternyata belum berubah. kangaen bapak.. lho, kok bahasannya pindah.

DULU
SMA. dan juga sebelumnya. bapak dan sekeluarga adalah orang-oran yang terus mensuportku. meski jarang berada dirumah, ketika pulang malam beliau selalu menghampiri kamarku. dan aku masih selalu dalam keadaan terjaga. oh, entahlah. aku juga baru faham. aku suka berjaga malam mungkin karena harus selalu menunggu bapak pulang.

memang, tiap harinya pulang sore terus, berangkat pagi ke sekolah. karena memang begitulah bapak mengajarkan. ini zamannya perjuangan.

entahlah.. dijogja, meski ini adalah kota dari segala mimpi, tapi aku selalu merindukan bapak. rasa-rasanya memang beliau yang mampu menjaga mimpi-mimpiku selama ini.
memory, 24 November 2008

berlari

wajah yang kemarin kulihat itu...
benarkah dirimu?
dari dekat, sungguh itu dirimu

tapi tetap saja
aku harus berlari
mengejar sesuatu yang aku pun tidak tahu
pergi
menemui sengketa
perkara rumit yang akupun tidak faham
namun cantik
cantik sekali...

tetap saja begitu
dari kukenal sampai sekarang ku kenang
selalu begitu
aku lari

sejauh-jauhnya aku berlari dan berlari
namun...
jika pun masih bisa memilih
aku tidak mau berlari
dengan tidak memilih
biar kau tetap jadi temanku
di dunia yang aku selalu sendiri
sepi, kala itu

namun sekarang kau mematung
karena memang harus begitu
dan aku pun mematung
tidak boleh bicara, tersenyum atau tertawa

namun sudah ku tanam beberapa krisan
yang sempat kulukiskan saat itu
tinggal menunggu semi
atau sepi sendiri lagi
dan aku tidak ingin lari lagi

di hukum. bukan dihukum!

di hukum. maksudnya di fakultas hukum. kata eca disini cepet dowloadnya. alahamdulillah, ternyat abenar. sekarang akudah download banyak file. serunya..!!!

huff.. bukan apa si. yang jauh lebih seru itu orang-orang yagn berdiri disekitar aku duduk. orang-orang bersorak ria meneriaki pra jagoan mereka yang asik sekali rebutan tali tambang. hhoho. jadi ini maksdunya pertandingan tarik tambang.

percaya g klo jeritannya .... wow!!! kencang sekali man. huff.. nging.. ditelingaku. well. mereka g peduli hujan deras, langit yang kelam. benar2 dech. klo di mipa niy... orang-orang pada kabur semua..

aku dah nongkrong disini dari jam 4 tadi. cewek cowok masih terus ramain menyoraki jagoanya. btw, aku bingung. ni event siapap yang ngadain ya..???


masih terus menyambar. klat-kilat merah. rupanya mereka sudah selesai sekarang. setelah menghasilkan satu anak cewek yagn pingsan mendadak.mana ku tahu kenapa? kedinginan kah? laper? atau kelelahan berteriak.??

hm...

dirimu....

message dari sahabatku:

tertunduk, terdiam, tersudut diantara rak kosong dan kardus. tak berdaya...
aku juga hanya hati bercerita padaNya
air mata pun hanya sedikit membantu menenangkan diri
hanya takut jika diri belum mampu bersabar dan bersyukur lebih...

kau lihat dia menetes lagi...
mengalir menghapus senyumku hari ini
sore ini, hujan membuat semakin syahdu
Ar-Rahman bersamaku..


HPku bergetar di dadaku. hoho. bukan, maksudnya karena hpku selalu ku kalungkan ke leher. jadi klo cek messAge gampang.

ku buka... terus...

ah, setiap orang memiliki kamar sendiri2 di hati saudaranya satu sama lain.
tapi, dia ini.....

AGUSTUS 2008
"umi sayang banget.... ".

saat ku kirimkan message ini. bersama dengan sedikir paruh hati yang di cungkil. sedikit hangat dipipiku.... masih hangat di pipiku. sedari tadi.

tidak selayaknya aku seperti itu. tapi cinta ini... ah. tapi... aku belum siap kehilangannya


SYAWAL 1428H
suka cita bersama waktu dan keluarga. hilang sejenak. namun tetap rindu. ah.. dia. sahabatku.


KEJOGJA LAGI
"sidang. aku lebih suka menyebutnya begitu. dari pada pendadaran. emang telor didadar. haha... ". itu katamu. menjelang kelulusanmu.
aku tersenyum. namun tak semanis senyummu, sahabat.
Apa yang kau rasa? deg degan? ah. kau bukan seperti yang lain. jiwamu kuat.


NOVEMBER
jubah hitammu. ku temukan disebelah barat Graha Sabha. haha... tentu tetap dengan senyummu itu. sahabat...
suka cita. semua... aki,mama... dan...
ah, ternyata dia. tak salah memang. layak menemanimu. sahabat...


dan sore itu.aku tak faham dengan messagemu itu. baru saja ku haturkan salam. namun, secepat itukah?
ah... apa lagi dirimu. pasti kau sekarang dengan mata segede itu. membendung aliran air dari matamu. yang terus tumpah.

lalu. aku benar2 menemukanmu di sudut rak kosong dan kardus-kardus!!!
terbelah lagi hatiku. "secepat ini kah??". kau juga hanya menggelengkan kepala.
"aku juga g tahu,,,". ujarmu.
mengalir lagi. air yang tidak terbendung itu

huff... dan hari ini. aku belum menemukanmu lagi. esok masih ada hari kan untuk kita jumpai? sekali saja. biar kita bersama
menyusuri jogja. kota dimana aku menemukanmu. ah.. bukan! tapi kita ditemukan. dengan rasa mahabbah, persaudaraan yang utuh.

saudariku...


katamu kau juga menangis. ketika ku bilang
"belum lama aku bisa membedakan dua kosa kata itu."

terlepas dari keduanya, aku berikan juga satu untukmu, cinta...

Thursday, November 20, 2008

mendung

mendung
mengejawantahkan kotaku
yang biasa marah dengan segala terik
polusi, matahari, orang gila dan anak-anak jalanan

mendung
sore ini memang begitu
selalu
pada tiap perpisahan waktu

mendung
menunggu guntur
yang membakar jiwa-jiwa penakut
agar terbuka hatinya melihat manusia-manusia tersandung

oh mendung
mengapa harus setiap hari
namun biarlah begitu
biar cepat hujan
biar cepat bersih kotaku

ah mendung
biar begitu
bertambah gelapmu
bertambah suram kotaku

yogyakarta, 20 november 2008

my lecture oh my lecture!

"serius banget niy?!". my 1st lecture

"iya ni, serius banget?!". 2nd lecture

"hahaha... iya. si umi bener2 lagi serius?!"> 3th lecture

well... itulah sapaan dosendku hari ini di kampus. setelah aku kabaru dari kampus beberapa waktu. akhirnya aku nongol dengan senyum2ku. cie.. but, ada warna yang berbeda ketika saat itu aku dispa begitu hangat.

"oh my lecture,, ".
sudah lama memang tidak mengobrol dengan mereka

SEBELUMNYA
hoss hoss... lorong gedung K aku susuri. sudah kesiangan sepertinya untuk menemui dosen. jam 11.22 di Hpku. bukan, bukan untuk konsultasi skripsi. ini bukan dosen pembimbingku . tapi dosen kaprodi. hihi. gaul orangnya. so, enak klo diajak diskusi. well... temennya andrea hirata. asal Belitong.
"hoho.. aku tahu kok mana cerita yang beneran dan bagian mana yang dibuat2". hm.. ujarnya ketika kutanya benar kenal kah dengan penulis novel legendaris itu.

mr Dedi. dosen muda sekaligus dosen cerdas.
"saya tu g kaya kamu. buku yang dari kiri sampai kanan ya di baca". hoho
ternyata maniak buku juga. g kya dosen2 statistk lainnya. keren kan

setelah menemukan ruanganya. .
"assalamu'alaikum...".
"wa'alaikumsalam.."
"pak, mana yang bapak bilang kemaren? g bisa lo langsung di download. meski purchase dulu. 140$" ujarku sambil ngos2-an
"ah, masa'" timpalnya
"hm... ayo pak. berarti bapak yang bisa login". tambahku
"connectnya itu langsung dengan wireless kampus"> ho.

alhamdulillah aku lagi bwa laptonya eca.
"coba gih!". tambahnya.


JAM 12.32am
" bisa kan??". Sapa pak dedi yang keluar dari ruangan menuju mushola
"he... iya pak. makasih ya pak". duduk manis depan laptop di meja yang menjorok ke pintu keluar gedung.
"iya. jadi mesti pake koneksi kampus. klo km ke warnet ya g bisa...". tambahnya sambil hengkang meninggalkanku.
"hehe... iya pak. tapi ini koneksinya g mau dari tadi. " ujarku mengeluh. karena 1 jam online g juga dapetin jurnal mujarab itu.
"iya. dari tadi tu. dari jam berapa ya tadi.?!". semakin jauh menuju musholla.


12.45am
aku merasa senang dengan sapaan ketiga dosenu itu. wah. memang dosen2 statistk itu beda banget dengan lainnya. belajar banyak dari beliau. orang2 hebat dan muda, yang mau di gaji dengan hanya sekian rupiah. tidak sebanding dengan mantan mahasiswanya yang berkarir di bank aku di market research.

"iya. g usah jadi dosen. susah. klo mau duitnya banyak. ke perusahaan aja," ujar pak dedi setahun yagn lalu. tidak menciutkanku. tapi aku tertantang untuk menjawabnya.

"jadi guru itu pahalanya banyak. iya a kaya.". sang murobbi (bener g ya lafalya">

amien..
my lecture oh my lecture. someday i will be there. with u to study everything in this study... in this science. with love.

Tuesday, November 18, 2008

dimana kah kau...?

grr... aku cari itu jurnal g dapet juga. hiks... harus bayar 140 dolar. huff.. well, mungkin besok minta tolong p desy lagi. well. perkembangan skripsku bagus juga. setelah bolos kuliah di asrama bberapa kali. hehe..

Monday, November 17, 2008

"kavu, engkaulah yang terindah". kata Hemingway

masih meneduhi wajahku hingga terakhir aku memiliki kebiasaan baru. reading book. novel, cerpen. oh tidak~~~ hal-hal yang aku hindari selama ini !!!

well. jadi merasa dekat dengan beberapa penulis. Gola Gong, Helvie... oh. manusia2 gila ku bilang. entah dari dunia mana mereka itu beranjak. memulai dunia yang selalu dipicing sebelah mata oleh orang2. termasuk diriku.

"kavu, engkaulah yang terindah!". kata Hemingway

ah.. karya-karya mereka memang telah melembutkan hati..

Gordon!!!
bagaimana kau takut mati tapi tak tahu bagaimana hidup~!
huff....

well. it's my real world. my own world. wellcomee....

Friday, November 14, 2008

misil pencarian!!!

CPU ku mati. tempo hari. tanpa sebab, tanpa ba bi bu. hu.... yah, isyarat harus menyegerakan skripsi. ayolah. sementara mungkin bisa bosen terus berada di kampus dan, stagnan!!! idih!

btw, for the IBF, hm... rancak bana. banyak buku yang ku lirik.. ding ding ding... ups! tahan. coz yang namnya benda satu ini memang g bisa ditahan. akhirnya aku pulang dengan membawa novel terjemahan jadul yang dapet penghargaan the best ... (apa ya. lupa). di stand yang obral 5 rb, 5 r5b... tapi itu novel harganya 20rb. hiks.. its ok. karena jadi teringat hari pertama dateng ke IBF habis duit banyak. hoho...

novel yang menarik menurutku. terjemahan dari true story war, peperangan di daerah eropa. hm... entahlah. lagi suka dengan karya2 sastra. tapi g tertarik juga dengan beberapa novel 'sajadah cinta', '.... cinta','cinta..... ' dan '.... cinta....'. yang covernya menampilkan satu mata, terus ada juga akhwat berjilbabnya. duh.. thanks ya.

ada satu lagi yang menarik. tapi aku g beli. "muslimah berkalung sorban". menarik dari poster yang dipampang. novel yang akan digarap filmnya oleh Bramantyo. tentang feminisme yang bangkit dari seorang santri di pesantren. hm.. but, setelah lihat cover novelnya, hanya ada gambar kuda dan seorang muslimah yang mengendalikannya. berwarna coklat.

PULANG
pulang-pulang bingung. duing duing... di hubungi temen DPM yang mau berangkan malam itu juga ke bandung. dan ternyata belum ada yang membelikan sovenir karena g jelas siapa yang ditugasin. hoho. wal hasil, sebagai pjs ketua keluar tanggung jawabnya. (gayanya!) . tapi pada saat itu udah menjelang magrib. minimal klo mau cari sovenir di malioboro. itu berarti 20 menit dari IBF dan setengah jam dari asrama. hoho. tidak mungkin

well. ketemu umi solihun (istri ustad asrama). bawa Ro'uf. jreng jreng.. beli buku juta. diulurkannya ke aku. then .. "jadikan satu aja um". ujar umi
lalu ku masukkan novel yang ku bawa ke plastik umi.
aku masih sibuk menghubungi orang2 KKN dimana beli wayang waktu ada acara besar di KKN. the answer on malioboro street. right. tidak diragukan.

next, ha?? emang aku yang mau kesana? dengan waktu magrib yang udah gelap? oh.. tidak!!! mb naning yang sedang bersamaku g akan ku biarkan pulang sendiri. meski beliau menawarkann naik bis trans.
" yux mb..". uajrku
" entar dek umi piye?". ungkapnya
" gpapa. gampang. tar keluar lagi aja". aku menjelaskan.

mb naning cuma tersenyum. ia tahu adek satu ini salah satu santri bandel di asrama. haha... ku laju si umair. meski dengan rantainya yang kendur. brem.... langit hanya menghitam. padahal aku berharap hujan besar. biar basah sekalian badan. ck ck ck...

nyampe parkir asrama, terdengan takbir lembut dari ruang sholat. tanda sholat magrib tengah dilaksanakan.
" dek.. tadi plastiknya mana?"> mb naning berujar lagi.
" ho!". shock. ku raba jaket. g mungkin lah ada. di motor? umair g ada gantolannya!
" duh!". masih shock.
" berarti dibawa umi solihun". mb naning mengingatkan.
huff.. aku masih ragu. tapi setelah mengingat-ingat dengan kejadian kacau sore tadi (masalah sovenir), ada benarnya. haha. sedahlah. ku pikir di ikhlaskan. lho! karena g mungkin balik lagi

PAGI HARI
"dek, bener kok dibawa umi solihun". mb naning memberi kabar baik
"alhamdulillah... g kemana". balasku
eh.. wait. berarti ustad tahu dong aku beli buku apa. tidak... !!!
semakin kental saja identitasku sebagai santri asrama ini... huff.

ah, tak apa juga lah. bukannya aku dah terbiasa cuek. biar orang tahu diriku begini.baiklah.. ikhlaskan saja. lho!

Wednesday, November 12, 2008

mencari gila

mencari wajah-wajah lagi
mencari energi lagi
setelah bimbang mengawang di awan
ah.. aku sudah pulang

aku masuk ke dunia lain
mampukah? kenapa g. gila!
kata sebagian teman

aku masuk menyusup ke bumi
mencari bara-bara baru
yang sejuk
adakah?
klo pun ada yang dingin. adakah? disini tidak ada musim salju

terus aku masuk ke air biru yang asin itu
mencari palung paling dalam
gugali dan ku gali
ku temui
gelap yang berpelita
merah, jingga

lalu ku sendiri
tertawa sendiri
menertawakan diri sendiri
tanpa ada yang tahu
tanpa ada yang peduli
dan aku memang tak harap begitu
karena ini duniaku sediri

minder (mind-er??). just minder!

minder. kata yang tidak pernah kuucapkan sejak 4 tahun yang lalu. seorang umi yuliatin yang hanya ingin dihargai selama ini, adalah orang yang minder. haha...

dunia berputar, terus.... mengitari matahari. kelima kalinya. wajah hamba Tuhan satu ini sepertinya telah banyak berubah. sumringah, (haha... ya g sih! au' ah) murah senyum
(cie.... ), supel (katanya lho... ). yah, begitulah. ujar beberapa kawan. tidak!!!! baru ku ucapkan semalam. ternyata aku masih dengan dulu. minder.

baiklah...
"mb, kita punya 20 jari. klo ada yang sakit satu. masih berapa yang g sakit". ssst.. eca beranalogi.
"19". haha ... mudah (20-1)

"jadi begitu mb, knp qt konsentrasi selalu dengan kelemahan kita". tambahnya.
aku menggut-manggut. lanjut...

skripsiku. dah lama g berani menghadap dosen. terbiasa mengerjakan segala hal dengan perfect.
ah... aku tidak mau segalanya selalu soal waktu. masih panjang pelajaran ini. masih lama. apa lagi bpk menghendaki untuk melanjutkan s2. huff... hunting bea siswa yux. why not. di jogja bisa dapet. knp g di tempat lain. on foreign coutry. new zaeland. amien...

nah, gitu dong. haha. aku udah lama g masuk ke dunia yang satu ini. setelah lama mengurung diri di kamar yang mendukung untuk masuk dunia melankolis. ck ck ck...
baiklah.. lihat saja teman2.. aku akan mengejar kalian. cia.... wakakaka.... (terbang.. terus nyangkut di pohon mangga). gubraxs, benjol kepalanya. tapi terbang lagi.. hia.... hahaha...